Apakah ICMD? Bagaimana Cara Mendapatkannya?


ICMD adalah singkatan dari Indonesia Capital Market Directory. Berisi tentang ringkasan kinerja perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Satu perusahaan diringkas menjadi 2 halaman, biasa disebut halaman kiri dan kanan. Di halaman kiri, termuat financial statement, atau ringkasan rasio keuangan suatu perusahaan dalam tiga tahun terakhir. Sedangkan di halaman kanan, berisi data pelengkap seperti nama direksi atau komisaris, jumlah saham beredar, kebijakan perusahaan dan beberapa data penting lainnya.


ICMD diterbitkan oleh ECFIN secara periodik setiap tahun dan dijual kepada para pemerhati Bursa saham di Indonesia. Akan tetapi memang tidak semua informasi perusahaan termuat dalam ICMD, misalnya nilai penyusutan atau nilai arus kas perusahaan. Jadi jika ingin memperoleh gambaran lebih lengkap, mau tidak mau memang harus melihat laporan keuangan atau laporan tahunan. Akan tetapi, untuk ringkasan kinerja perusahaan, memang ICMD sangat membantu karena sudah disusun secara baik.

Pada tahun 2012, penerbitan ICMD oleh ECFIN berakhir. Jadi pada tahun 2012 tersebut berisi data tiga tahun terakhir yaitu data tahung 2009, 2010 dan tahun 2011. Setelah itu, di situs IDX muncul Ringkasan Kinerja yang kurang lebih sama dengan ICMD. Meskipun berbeda, tetapi para pemerhati sudah terbiasa menyebutnya dengan ICMD. Oleh karena itu, meskipun Ringkasan Kinerja, tetap populer dengan istilah ICMD. Bahkan istilah-istilah atau kebiasaan di ICMD juga masih sering latah digunkan pada Ringkasan Kinerja. Misalnya ICMD berisi data tiga tahun terakhir, maka orang yang ingin mencari data financial ratio pada tahun 2015 akan menyebutnya dengan ICMD tahun 2016, mirip sekali dengan ICMD.

Jika Anda memerlukan data ICMD/Ringkasan Kinerja, kami menyediakannya dengan menjualnya melalui Online Shop terkemuka di Indonesia, yaitu Bukalapak, Tokopedia, Shopee atau pun Lazada. berminat? Silahkan klik link berikut.

4 comments:

  1. One should be attentive before investing , research play an important role in research as most of these have very low market caps and limited trading which reduces liquidity.

    ReplyDelete
  2. Interesting. Your instructions look clear but I'm not very good at this so I hope this will work well for me. Thanks for the tips!

    ReplyDelete
  3. darimana kita bisa proleh icmd itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli mbak,kalau mau cari PDFnya agak susah butuh usaha lebih
      tp memang kalau ICMD itu dijual dari sananya dan bukan gratis

      Delete